Senin, 29 Oktober 2012

Review Lenovo S880, Ponsel Cerdas, Harga Pas

      Pasar ponsel adalah pasar yang sangat menggiurkan bagi para pelaku bisnis telekomunikasi, semua perusahaan besar tergiur untuk mengambil bagian dalam bisnis ini, tak terkecuali brand global raksasa sekelas Lenovo.


      Dengan berbekal pengalaman yang panjang di dunia komputer, serta berhasil meng-akusisi divisi bisnis komputer IBM pada tahun 2005, kini Lenovo menjadi perusahaan komputer terbesar ke-3 di dunia. Berbekal pengalaman itulah, kini Lenovo dengan bangga, mengeluarkan Lenovo Le Phone "IdeaPhone" S880, atau lebih di kenal di kalangan konsumen Indonesia, dengan nama Lenovo S880 saja.




 




Fisik



      Dengan dimensi 142 x 78 x 9.9 mm / 197g, ponsel ini tidak bisa dibilang ponsel yang kompak, dimensinya cukup besar dibandingkan rata-rata ponsel pada umumnya, tapi cukup tipis, ketebalannya hanya 9.9 mm atau 0.39 inci. dengan berat 197 gram, ponsel ini cukup ramah di genggaman dan kantong jaket atau baju anda, asal anda jangan mencoba memasukkannya di kantong celana jeans anda, karena anda akan merasa cukup terganggu dengan dimensinya yang cukup besar.



       Lenovo merilis S880 dengan 2 pilihan warna. Warna putih yang terlihat premium dan warna hitam yang terlihat profesional. Lenovo S880 warna putih pada bagian belakangnya terasa sangat mulus dan licin, berbeda dengan yang berwarna hitam, terasa kesat dan bertekstur. Tetapi saya pribadi, merasa lebih nyaman menggenggam Lenovo S880 berwarna hitam, karena rasa kesat pada teksturnya & tidak mudah kotor, membuat saya lebih percaya diri untuk menggenggamnya.






       Anda tidak akan menemukan tombol navigasi fisik apapun pada bagian depannya. Lenovo S880 mengintegrasikan tombol navigasi pada layarnya. Pada saat layar dalam keadaan nyala, anda akan menemukan 4 buah navigasi virtual pada bagian bawah layarnya. Cukup mengganggu, mengingat tidak semua aplikasi mendukung dan bersahabat dengan fitur ini.

       Pada depan terdapat layar berdimensi 5 inci, dengan earphone pada sisi atas dan bagian atas, sensor cahaya pada sisi kiri dan kamera video call beresolusi  0.3 Megapiksel alias VGA pada sisi kirinya, tulisan logo "Lenovo" terpampang cantik diantara speaker dan layarnya. Pada sisi atas terdapat colokan earphone 3.5 inci dan tombol power. Pada sisi kanan ponsel, terdapat tombol volume, pada sisi bawah terdapat lubang loud speaker yang terlihat menyatu dengan microphone, pada sisi kiri tidak terdapat tombol apapun, pada bagian belakang, terdapat lensa kamera berkekuatan 5 Megapixel pada posisi tengah atas. 
Bezel chome mengelilingi sisi ponsel, membuatnya sangat cantik, elegan dan terlihat cerdas.

 
Layar



       Berbekal layar 5 inci ber resolusi 480x800 WVGA Multitouch dan kedalaman warna 16 Juta, cukup nyaman jika dibandingkan dengan layar ponsel pada umumnya, jika dilihat di bawah matahari layar Lenovo S880 ini dapat terlihat dengan cukup nyaman, tapi, tentu jangan di bandingkan dengan layar AMOLED dan Nokia dengan layar "Clear Black" nya.

 
Konektifitas

Dual On, Micro SD dan Baterai Li-Ion 2250mAh


       Lenovo S880 memiliki konektifitas yang sangat lengkap berstandar Android. Bluetooth versi 2.0 plus EDR, untuk headset ber-bluetooth dan berbagi data dengan gadget ber Bluetooth lainnya, Wi-Fi 802.11 b/g/n dengan fungsi tethering (Berbagi wifi dengan perangkat lainnya), Assisted GPS untuk fungsi nafigasi dan mampu mengunci satelit dengan cepat (tergantung pada daerah dan kecepatan anda berpindah tempat), Radio dengan tambahan fungsi pemancar, serta jaringan GSM dual On HSDPA/UMTS untuk telpon, sms, MMS, Video Call, serta akses data dimana saja, hanya Sim #1 yang mendukung akses data HSDPA/UMTS.


Kinerja

      Lenovo membenamkan prosesor keluaran produsen global Mediatek, MTK6575 ARMv7 Cortex-A9 ber Clock 1.0 GHz dengan chip prosesor grafik PowerVR SGX531 Ultra, kombinasi ini membuat Lenovo S880 bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi Android terkini, game dan aplikasi 3D HD dapat di eksekusi dengan sangat lancar pada ponsel ini. Film dengan format 3gp, H.264/H.263 dan mp4 dapat di eksekusi dengan lancar.

      Tapi ada kekurangan yang patut digaris bawahi, Lenovo S880 ini tampaknya agak sedikit kewalahan jika mengeksekusi file video dengan format resolusi 720 HD, gambar terkadang terlihat patah-patah dan keluaran suara tidak berjalan selaras dengan alur gambar video nya, yah, dapat kita maklumi, tidak ada gadget yang sempurna bukan?

      Dengan pemutar musik standar Android plus Bass boost, 3D effect serta Preset Reverb. Menggunakan Headset Sennheiser, Audio pada Lenovo S880 terdengar sangat baik diatas rata-rata ponsel pada umumnya, walau tidak bisa dibandingkan dengan Audio keluaran Sony Walkman, tapi jika dibandingkan denga "Beats Audio" nya HTC (Menggunakan Headset yang sama), Lenovo S880 terdengar lebih Superior, dengan bass nya yang dalam dan mid range audionya yang cukup detil, sekali lagi, mohon jangan di bandingkan dengan kualitas nya Walkman Phone. Jika menggunakan Loud Speaker, suara yang di hasilkan terdengar cukup lantang, dengan volume maksimal suara yang dihasilkan sangat bertenaga dan tidak pecah, jika anda ingin mencari masalah dan keributan di dalam perpustakaan, Lenovo S880 adalah ponsel yang tepat untuk anda.

      Kamera Lenovo berkekuatan 5 Megapixel dengan fitur Autofokus, minus lampu kilat. Hasil kamera di luar ruang, terlihat sanagat tajam denga warna yang cukup natural, hasil yang sangat berbeda di dapat pada kondisi minim cahaya. Fitur Autofocus sangat membantu disini, dengan menekan tombol setengah, untuk mendapatkan fokus, lalu ditekan penuh untuk mengambil gambar, layaknya kamera denga fitur Autofocus maka anda akan mendapatkan gambar yang anda inginkan, atau anda bisa menggunakan fitur "Touch focus" yaitu dengan memilih mana titik fokus yang akan di jadikan focus pada layar. Kinerja rekam video juga sanagat baik disini, jauh dari kesan ponsel China pada umumnya, dengan format 1280 x 720 HD, 30fps dan hasil rekam 3gp, cukup bisa diandalkan untuk merekam momen-momen berharga anda.


Baterai

      Dengan daya baterai standar, Li-Ion 2250mAh Lenovo S880 cukup bisa diandalkan untuk dapat menemani aktifitas anda seharian. Dengan pemakaian wajar (Kondisi konektifitas data menyala auto 2G/3G, terkadang menyalakan Wi-fi, Browsing, melihat, dan menerima email, telpon, sms, MMS, bermain game, Video Call, mengambil gambar statis dan video, mendengarkan musik), dimulai dengan daya penuh pada pukul 7 pagi dan akan tersisa 20% pada pukul 7 malam.


Kesimpulan



      Dengan harga pasaran (per-30 Oktober 2012) Rp 1.990.000, fitur kelas atas, tampilan yang sangat berkelas, Lenovo S880 ini sangat di rekomendasikan untuk anda miliki

      Nama besar Lenovo yang selalu dikaitkan dan memang tidak bisa lepas dari brand premium IBM, bisa di sejajarkan dengan brand papan atas lainnya sekelas Nokia, Samsung, HTC dan LG. Lenovo S880 dapat mengangkat gengsi anda di kantor, sangat layak untuk dibawa "hangout" di tempat-tempat yang berkelas, cukup bergengsi ditaruh diatas meja makan restoran kelas atas, cukup layak dan bergengsi disandingkan se-meja dengan ponsel premium ala Nokia, Blackberry, iPhone, HTC dan Samsung Galaxy S series.

Apple iPhone 4 Disandingkan denga Lenovo S880


      Dengan dukungan komunitas lokal dan global, Lenovo S880 dapat memberi anda keleluasaan dalam mengekploitasi lebih jauh kinerjanya. Berbagai tips, trik, panduan root & custom room pun tersedia berlimpah di internet.



      Walau dengan sedikit minus di pemutar video tapi dengan sederet nilai tambah, tentu tidak akan menghalangi anda untuk  memilikinya bukan?

       Kinerja Audio yang memuaskan, kamera yang dapat diandalkan, kombinasi kinerja prosesor dan grafik yang sangat baik, kinerja baterai yang cukup baik, menjadikan Lenovo S880 ini ponsel yang dapat anda andalkan sebagai asisten pribadi anda dikantor maupun pasangan "hangout" anda di luar pekerjaan, menghibur anda dimana saja, kapan saja, dengan penampilan yang akan membuat anda bangga, untuk anda kenalkan dengan siapa saja.


Spesifikasi


GENERAL
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 2100

LAYAR: 
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran: 
5.0" WVGA, 480 x 800, Multi Touch

DIMENSI
142 x 78 x 9.9 mm / 197g

AUDIO: 
Fitur Vibration, Polifonik MP3 Ringtones
Jack 3.5mm jack audio

Speakerphone: 
Ya

MEMORY: 
Internal 512 RAM, 4GB ROM

Eksternal: 
Slot Micro SD card up to 32GB

DATA: 
2G, Edge, 3G HSDPA, HSUPA, UMTS

EDGE: 
Ya

WLAN: 
Wi-Fi 802.11 b/g/n

Bluetooth: 
Ver. 2.1 with EDR

Infrared: 
Tidak

USB/Port: 
 v2.0 microUSB

KAMERA: 
Primer 5.0 mega pixel, Auto Focus
Sekunder 0.3 mega pixel, supports Skype Video Calls

Video Record
Ya, 720pix - 30fps, 3gpp

BATERAI            : 
Tipe Standard battery, Li-Ion 2250mAh

Standby               : 
?


Talk Time             :
?

FITUR

OS : 
Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)

CPU : 
MTK6575 ARMv7 Cortex-A9 1.0GHz 

GPU: 
PowerVR SGX531 Ultra

Browser : 
HTML, Flash

GPS : 
A-GPS

Messaging

SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM Java via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: SNS integration, Google Search, Maps, Gmail Gmail YouTube, Google Talk, Organizer, Voice memo, Predictive text input

FITUR LAIN
Dual On GSM

Video Player
 MP4/H.264/H.263 player

MP3 Player
MP3/WAV/eAAC+ player

Audio Record
Ya

Harga (Per 30 Oktober 2012) : 
Rp 1.990.000.















(Dari berbagai sumber)
 

Artikel Terkait

12 komentar:

Anonim mengatakan...

spek e koyok imo s88 ya gan

Beel ZeBuB mengatakan...

Speknya kurang lebih sama, standard Android, tapi tetap ada beberapa perbedaan, seperti prosesor, ukuran layar, kamera, memory, main borad, dll. Jika ingin di bandingkan, Imo S88 lebih cocok di bandingkan dengan Lenovo S560, karena keduanya sama-sama menggunakan prosessor Mediatek MTK6577 ARMv7 Cortex-A9 40nm Dual Core 1.0GHz
GPU: PowerVR SGX531 Ultra.

chris mengatakan...

Kapan keluar versi GSM CDMA.
Kombinasi dual on ini pastinya akan ditunggu penggemar gadget dari berbagai kalangan.

Beel ZeBuB mengatakan...

@Chris. Untuk S880, Lenovo hanya mengeluarkan versi GSM-GSM. Tapi, Lenovo sudah mengeluarkan produk GSM-CDMA nya, dengan seri A850e, dengan spek:
DUAL-CORE Snapdragon MSM7627A, Layar IPS 4.3" WVGA TFT LCD Multitouch. Dengan harga sekitar 2 jutaan. Tapi sayang nya belum tersedia untuk pasar Indonesia. Dilihat dari harga dan speknya, tentu prduk ini amat sangat layak kita tunggu.

Anonim mengatakan...

kalo untuk kompatilibitas headset sendiri, bagaimana dengan lenovo s880 ini? soalnya saya browsing" di sebuah forum, ada user yang bilang kalo HH ini tidak kompatibel dengan eraphone beats, sedangkan saya terlanjur punya earphone dengan merk tsb dan tentu ingin menggunakan nya jika saya jadi membeli HH ini (karena harga yang saya keluarkan untuk membeli earphone ini juga tidak sedikit)..mohon review ny..thx..

Beel ZeBuB mengatakan...

Kami mencoba Lenovo S880 dengan beberapa headset: Sennheiser, Sony, Philips, Samsung dan Beats dan semuanya dapat berfungsi dengan baik, masalah kompabilitas terkadang tergantung dari tipe headset, bukan dari merek, karena suatu merek memiliki berbagai tipe dan spek yang beragam., Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, semoga membantu.

ervina th mengatakan...

untuk beli softcasex dimana ya?saya cari muter2 gak ada

inyonglanang mengatakan...

salam gadgets.... bro mo tanya..Lenovo S880 cocok tidak dg nokia headset... kalo ada cocok dg seri apa saja...trims

inyonglanang mengatakan...

salam gadgets.... bro mo tanya..Lenovo S880 cocok tidak dg nokia headset... kalo ada cocok dg seri apa saja...trims

Beel ZeBuB mengatakan...

@Ervina Th
Anda dapat mencarinya di sentra2 ponsel seperti: Roxy Mas, Cempaka Mas, Mangga 2, Dll. Tapi sepertinya beberapa tempat sudah mulai banyak didapati menjual Aksesoris Lenovo S880 ini.
Solusi alternatif, anda dapat membelinya via online shop yang terpercaya, atau anda dapat mencarinya via forum jual beli Kaskus.com, sekedar mengingatkan, sebaiknya anda mengutamakan jenis transaksi COD atau jika memang yakin akan reputasinya, silahkan anada menggunakan jasa rekening bersama untuk menghindari penipuan.

Beel ZeBuB mengatakan...

@inyonglanang

Headset yang digunakan Lenovo S880 berjenis colokan 3.5mm yang bersifat standard, universal dan sangat banyak tersedia dipasaran, untuk kompabilitas dengan headset Nokia, jika masih menggunakan headset 3.5mm tentu kompatibel dan dapat digunakan pula di Lenovo S880 ini.

Semoga membantu dan Salam gadget kembali dari kami.

Richval Mushasdian mengatakan...

Beel ZeBuB,LePhone S880 saya setelah upgrade firmware setelah dimatikan handphone-nya selalu data koneksinya selalu hilang, sehingga harus factory data reset. bagaimana ya cara mengatasinya, padahal tidak diroot dan tidak install aplikasi yang aneh-aneh. Saya sudah tes dengan restart dalam keadaan aplikasi bawaan factory, tapi masih sama. Mohon share-nya. Terimakasih